MEMPROMOSIKAN AFFILIATE
MELALUI STRATEGI SOCIAL MEDIA
Saat ini banyak sekali cara untuk
bisa mempromosikan produk atau jasa yang kita miliki melalui media internet (Internet Marketing),
salah satu cara yang saat ini terbilang cukup ampuh untuk dijalankan adalah
strategi memanfaatkan social media untuk pemasaran online.
Pada kesempatan kali ini kita
akan mengarah langkah demi langkah mengenai cara untuk memanfaatkan social
media yaitu facebook dan twiter dalam mempromosikan affiliate program.
Strategi yang akan kita pelajari dalam
kesempatan kali ini adalah strategi membangun subscriber atau pelanggan melalui
facebook dan twiter
Mengapa kita harus membangun
subscriber?
Perlu diingat bahwa dalam dunia
Internet Marketing dikenal istilah konversi, semakin banyak kita memiliki data
subscriber, maka semakin besar kemungkinan kita untuk bisa mengkonversi
subscriber tersebut menjadi calon pembeli dari produk yang kita tawarkan.
Membangun data subscriber atau
pelanggan tidak harus selalu berhubungan dngan pengumpulan data email, no
telpon atau data lainnya, tetapi bisa pula dilakukan dengan menggunakan
fasilitas facebook like atau dengan menggunakan fasilitas twitter follow.
Dengan menggunakan kedua fasilitas tersebut maka kita dapat memberikan
informasi atau bahkan penawaran secara langsung ke banyak jumlah subscriber
yang kita miliki.
Dibawah ini adalah
langkah-langkah untuk membangun subscriber dengan memanfaatkan social media
facebook dan twitter.
1. Siapkan Topik Konten
Langkah awal yang harus dilakukan jika kita ingin
membangun subscriber melalui facebook dan twitter adalah menyiapkan terlebih
dahulu topic apa yang akan kita pilih sebagai acuan dari proses pembuatan
konten nantinya, topik konten ini bisa didasarkan apa yang kita minati, atau
bisa juga berdasarkan apa yang saat ini sedang trend.
Jika kita mengambil topic konten berdasarkan apa yang
anda minati, maka kita bisa mengambil contoh topic sesuai dengan hoby yang kita
miliki, seperti contoh jika kita suka atau hoby dengan bola, maka ambilah topic
konten mengenai hal-hal seputar bola, atau hal-hal seputar masak memasak jika
kita suka memasak, atau jika kita suka dengan music, maka topic kontennya bisa
mengenai segala hal seputar music.
Beda halnya jika kita mengambil topic konten
berdasarkan apa yang saat ini sedang trend maka anda bisa mengunjungi Google
Trends di alamat URL http://www.google.com/trends/,
dan setelah itu pilihlah Negara indonesia pada bagian Negara.
Dan setelah itu kita akan diberikan informasi mengenai
apa saja yang saat ini sedang trend di Indonesia yang ado pada kolom Trending
Now.
Jika kita sudah menentukan topic konten yang akan kita
buat nantinya, maka selanjutnya masuk kelangkah 2.
2. Bangun social media
Jika kita sudah menentukan topic konten, maka langkah
selanjutnya adalah membangun social media, maksudnya adalah
kita diharuskan untuk membuat dan memiliki akun social media yang akan
kita gunakan nantinya, dalam kasus ini adalah akun facebook dan twitter.
3. Siapkan Konten
Konten untuk layanan social media berbeda dengan konten
untuk blog atau website, jika kita biasa membuat konten dalam bentuk artikel
dengan jumlah karakter yang sangat panjang, maka kali ini kita cukup mencari
konten singkat yang berbentuk tips dan trik.
Untuk twitter
sendiri kita hanya diperbolehkan untuk menyisipkan konten sebanyak 140
karakter yang disebut Tweet, tetapi proses pentisipan konten tersebut atau
proses tweet tersebut bisa kita lakukan berulang-ulang, jadi jika kita memiliki
konten yang cukup panjang, maka harus dipersingkat menjadi beberapa bagian yang
di setiap bagiannya terdiri dari 140 karakter.
Seperti contoh konten yang akan kita sisipkan adalah
konten mengenai Cara Membuat Kue Ulang
Tahun, maka jadikan konten tersebut menjadi beberapa bagian, yang masing-masing
bagian terdiri dari 140 karakter.
Beda dengan facebook, dihalaman facebook dikenal
dengan istilah status, kita bisa menyisipkan status sebanyak karakter yang kita
inginkan, tetapi memang sebaiknya konten yang anda sisipkan adalah konten yang
jelas singkat dan padat, hal itu disebabkan karena jika kita menyisipkan konten
yang terlalu panjang di halaman facebook dikhawatirkan konten tersebut malah
tidak akan dibaca oleh para pengunjung facebook kita.
Proses pencarian konten bisa dilakukan baik itu dengan
membuatnya sendiri berdasarkan pengetahuan yang kita miliki atau dari sumber
lain seperti Koran, buku, website, majalah atau sumber lainnya.
4. Sisipkan Konten
Proses penyisipan konten pada halaman social media
memiliki sifat Realtime Status, jadi konten yang anda masukkan akan segera
terlihat di halaman akun twitter dan facebook dari pelanggan yang kita miliki.
Karena sifatnya realtime, sehingga status tersebut dapat segera hilang atau
tertimpa oleh status –status dari akun twitter atau facebook lain bisa itu dalam
hitungan jam, menit atau bahkan detik, oleh sebab itu sediakan beberapa konten
jangan hanya satu konten saja, sebaiknya sebanyak konten yang anda bisa, dan
lakukan proses penyisipan 10 kali konten status dan pastikan bahwa konten status
tersebut adalah konten yang berbeda dan bukan konten yang sama, dan akan sangat
lebih baik jika proses penyisipan konten tersebut dilakukan dalam ruang waktu
Prime Time.
Apa itu Prime Time?
Prime Time adalah waktu terbaik untuk melakukan proses
promosi melalui layanan social media, diwaktu-waktu itulah biasanya para
pemilik akun social media mengecek akun dan kegiatan yang ada didalamnya, prime
time biasanya terjadi pada pukul 12 siang, pukul 5 sore dan pukul 7 malam, atau
waktu-waktu dimana seseorang sedang tidak melakukan kegiatan rutinnya seperti
bekerja, mengajar, atau kegiatan rutin lainnya.
5. Promosikan akun social media yang kita
miliki
Target utama kita memiliki akun social media seperti
facebook atau twitter adalah untuk membangun subscriber, membangun
sebanyak-banyaknya pelanggan yang nantinya pelanggan tersebut bisa kita
konversi menjadi konsumen.
Didalam twitter, pelanggan tersebut dikenal dengan
istilah follower atau mereka yang mengikuti atau mereka yang berlangganan
informasi dari akun twitter yang kita miliki.
Mereka menjadi follower karena mereka ingin
mendapatkan informasi atau konten dari topi yang kita tawarkan.
Didalam facebook, para pelanggan tersebut dikenal
dengan istilah like, mereka yang mengklik tombol like yang ado pada facebook
page yang kita miliki dinamakan pelanggan, dan secara otomatis mereka akan
selalu menerima informasi dari konten status yang telah kita sisipkan.
Intinya, target utama yang harus kita lakukan dalam
membangun pelanggan pada akun social media yang kita miliki adalah
mempromosikan dan mendapatkan sebanyak mungkin jumlah follower dan jumlah like.
Cara menambah facebook like
Ado banyak cara untuk menambah facebook like, yang
pertama adalah rutin mengupdate status, setelah itu promosikanlah facebook yang
kita miliki, proses romosi isa kita lakukan dengan cara berbayar bisa juga
dilakukan dengan cara gratis, bedanya, jika dilakukan dengan cara berbayar,
maka hasil yang diperoleh akan lebih cepat terlihat dibandingkan dengan cara
gratis, tetapi disarankan sebaiknya menggunakan keua cara tersebut, baik itu
yang berbayar atau yang gratis agar potensi facebook kita untuk mendapatkan
jumlah like semakin besar.
Cara promosi facebook page dengan metode berbayar
dapat dilakukan dengan menggunakan strategi facebook ads.
Cara menambah twitter follower
Cara untuk menambah jumlah twitter follower hamper
sama dengan cara untuk menambah jumlah like facebook, dimana langkah yang harus
kita lakukan adalah melakukan proses penyisipan konten atau melakukan proses
tweet secara rutin, dan setelah itu mempromosikan akun twitter yang kita miliki
tersebut.
6. Promosikan Link Affiliate kita
Salah satu contoh status yang nantinya bisa kita buat
untuk mempromosikan satu link affiliate
·
“ Ingin berpenghasilan tanpa harus keluar rumah?
Coba dech kunjungi (link affiliate kita)
·
“Sambil mengurus anak kita tetap bisa
berpenghasilan loh..ingin tahu caranya? Kunjungi (Link Afiliate kita)
·
“ Bosan kerja kantoran? Tidak punya banyak waktu
untuk keluarga? Ini solusinya (Link Affiliate kita)
Jika anda belum memiliki domain ataupun Web Hosting bisa daftar di Disini
No comments:
Post a Comment